Tuesday, February 26, 2008

Rotasi Hidup

Adanya pergantian dalam kehidupan ini merupakan harga yang tidak bisa kita tawar. Ada kehidupan tentunya ada kematian, terangnya siang akan di ganti dengan gelapnya malam, ada kalanya kita berada pada posisi yang kita kehendaki tapi ada kalanya juga kita harus siap berada pada kondisi yang kita harapkan.

Hal tersebut merupakan wewenang dan hak prerogatif Allah SWT sebagai pengatur jalannya roda kehidupan manusia di muka bumi ini karena tidak seorang pun yang bisa menafikan itu semua. Sebagaimana disinggung dalam firman-Nya,"Engkau (Allah) memasukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup..."(QS Ali-Imran (3):27).

Lebih Lanjut Allah SWT Menyatakan, "Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, kami pergilirkan di antara manusia (agar mendapat pelajaran ) dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) Ali-Imran (3):140). Ayat tersebut mengisyaratkan kita harus cerdas dalam menilai setiap pergantian yang ada pada hakekatnya sudah ada dalam skenario-nya.

Masih banyak manusia yang tidak menyadari arti dari sebuah pergantian dalam hidup. seringkali kita berontak ketika pergantian tersebut tidak sesuai dengan kita harapkan. padahal, Ibroh (perjalanan) di balik itu semua adalah sebagian ujian bagi kita sudah sampai sejauh mana keimanan kita ter hadap Allah seperti disinggung pada ayat diatas. "apakah manusia mengira mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan "kami telah beriaman" sedangkan mereka tidak diuji? (Al-Ankabut(29):2)

Ujian tersebut tidak hanya diberikan untuk sebagai orang atau kelompok kalangan, tapi mencakup semua manusia dan umat islam khususnya. "Dan sungguh , kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta."(QS Al-ankabut (29:3)

Tidak ada yang kekal didunia ini, selain perubahan itu sendiri. Maka , tawalka dan ikhlas adalah hal utama yang harus di pegang setiap individu. Bertawakal, lalu mengerjakan segala urusan dengan sungguh-sungguh , dan ikhlas terhadap apa yang akan datang dan pergi. Karena dunia hanya tempat "mampir" semata.

0 comments:

Post a Comment

CV. SOUVENIR ONLINE

CV.SOUVENIR ONLINE JL. PISANGAN BARU UTARA NO.30 RT.08 RW.12 MATRAMAN JAKARTA TIMUR TELP : 021 329 26 952 HP : 0813 8595 4508, 0815 344 867 45,0821 1010 9437 EMAIL : onlinesouvenir@yahoo.co.id atau : usbpromosi@gmail.com www.souvenir-online.com Order Now
 

Text

Hikmah Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template