Wednesday, February 27, 2008

Kelembutan

Banyak orang berpikir kebenaran harus diperjuangkan atau minimal dipertahankan, bahkan disebarkan dengan keras. Mereka yakin dengan kekerasan, kebenaran yang mereka anut dapat dipertahankan kemurniaanya, termasuk didalamnya mendahwahkan ajaran yang mulia, islam.

Tak jarang para dai atau khatib menggunakan bahasa yang "keras" saat berkhutbah. Dakwah yang seharusnya di sampaikan dengan hikmah dan mau'idhah hasanah sehingga mampu menimbulkan kesejukan dan semangat dalam beragama justru menjadi sesuatu yang manakutkan.

Tinta emas sejarah mengukir bagamana kala terjadi perundingan antara umat islam dengan kaum Quraisy dalam perjanjian Hudaibiyah, rasulullah SAW dengan penuh kelembutan mengikhlaskan penghapusan kata-kata 'Rasulullah SAW' dibelakang nama beliu.

Kaum Quraisy keberatan dengan kata-kata tersebut. Rasulullah SAW juga menyetujui penggantian lafal pembuka perjanjian yang semula berbunyi" Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang"menjadi" Dengan nama-Mu Ya Allah."

Memang, setelah perjanjian Hudaibiyah ditandatangani, terjadi"pemberontakan" dari para sahabat termasuk Umar RA yang memang terkenal keras. Tapi Lihatlah, Rasulullah dengan kelembutan pula menyakinkan para sahabat bahwa Perjanjian Hudaibiyah adalah langkah awal menuju kemenangan islam beberapa tahun kemudian.

Pelecehan Atas diri Rasulullah Muhammad SAW berupa karikatur di Denmark tempo hari cukuplah menjadi pelajaran bagi kita untuk membela Rasulullah dengan cara yang cerdas. Bahwa sesungguhnya orang-orang yang dengki terhadap keagungan Rasulullah, agama yang dibawahnya, dan umatnya berusaha sekuat tenaga memprovokasi umat islam agar tampak sikap keras. Degan begitu, gampang bagi mereka untuk memberi cap negatif kepada kita sebagai "teroris" sehingga islam dan umatnya kian termarjinalkan dalam percaturan politik dunia.

Mari kita hadapi provokasi dengan kelembutan, dengan menunjukkan kesejukan islam, agama agung yang tak ada yang mampu menandinginya ini dengan penuh hikmah dan dengan cara yang baik.
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS Annahl 16:123 )

0 comments:

Post a Comment

CV. SOUVENIR ONLINE

CV.SOUVENIR ONLINE JL. PISANGAN BARU UTARA NO.30 RT.08 RW.12 MATRAMAN JAKARTA TIMUR TELP : 021 329 26 952 HP : 0813 8595 4508, 0815 344 867 45,0821 1010 9437 EMAIL : onlinesouvenir@yahoo.co.id atau : usbpromosi@gmail.com www.souvenir-online.com Order Now
 

Text

Hikmah Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template