Wednesday, February 27, 2008

Hakekat Kesabaran

"Ada orang-orang bersabar dalam kesulitan,penderitaan, dan dalam peperanga.
Mereka itulah orang-orang yang bertakwa."
"QS Albaqarah 2:177"


Pada tahun ke-12 kenabian Rasulullah mengalamipungcak ujian yang menuntut kesabaran luar biasa. Kematian dua orang yang sangat dicintainya, Sitti Hadijah dan Abu Thalib, membuat penderitaan Rasulullah kian sempurana. Sepertinya saat itulah semua akan berakhir. Namun, sejarah membuktikan justru itulah awal dari kemenangan islam. Allah memerintahkan Rasullah dan para sahabat-Nya hijrah ke madina. Disanalah Allah memberikan pertolongan, dan dikemudian hari mereka kembali ke Mekkah dengan kemenangan yang besar.

Hakekat kesabaran adalah menahan diri dari sifat gundah dan emosi yang berlebihan, menahan lisan dari berkeluh kesah, dan menerima ujian dari-Nya dengan lapan dada. Kesabaran merupakan karakter utama orang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat, sesungguhnya Allah berserta orang-orang yang sabar."(QS Albaqarah 2:153)"

Hubungan kesabaran dengan keimanan ibarat kepala dengan jasad. Tidak mempunyai keimanan seseorang apabila tidak disertai kesabaran. Rasulullah bersabda"sungguh menakjubkan perkaranya orang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin: yaitu jika mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur , karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik baginya. (HR Muslim)

Para ulama membagi kesabaran menjadi tiga . Pertama, kesabaran dalam ketaatan kepada Allah , kedua,kesabaran dalam meninggalkan kemaksiatan. ketiga, kesabaran dalam menhadapi ujian dan cobaan dari Allah

Kesabaran merupakan anugrah Allah yang paling baik bagi seorang manusia. Hal ini di sampaikan oleh Rasulullah, "Dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran. "(Muttafaqun Alaih)

Semoga kita bisa menjadikan kesabaran sebagai benteng kokoh menghadapi beratnya tantangan hidup. Dengan Bersabar hanya ada dua pilihan, menjadi orang kaya yang bersyukur atau menjadi orang fakir yang bersabar.

0 comments:

Post a Comment

CV. SOUVENIR ONLINE

CV.SOUVENIR ONLINE JL. PISANGAN BARU UTARA NO.30 RT.08 RW.12 MATRAMAN JAKARTA TIMUR TELP : 021 329 26 952 HP : 0813 8595 4508, 0815 344 867 45,0821 1010 9437 EMAIL : onlinesouvenir@yahoo.co.id atau : usbpromosi@gmail.com www.souvenir-online.com Order Now
 

Text

Hikmah Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template