Saturday, March 1, 2008

Manfaat, dan arti pentingnya Hemat Dalam Kehidupan

Hemat

Dalam sebuah riwayat dikisahkan Rasulullah SAW pernah bertanya pada jabir sesaat setelah sahabat itu berwudhu.”Mengapa engkau berlebih-lebihan?”

“apakah saat berwudhu tidak boleh berlebih-lebihan, wahai Rasulullah?”Jabir balik bartanya. Rasulullah menjawab,”Ya, janganlah engkau berlebih-lebihan ketika wudhu meski engkau berada pada air sungai yang mengalir.”(Muttafaq’Alaih).

Dialog tersebut menggambarkan betapa Rasulullah sangat menekankan pentingnya hidup berhemat. Hemat bukan berarti kikir. Hemat merupakan pola hidup yang menerapkan prinsip kehati-hatian dengan mempertimbangkan kepentingan generasi yang akan datang. Oarng yang hemat mampu memanfaatkan sumber daya yang ada secara tepat dan dapat menyimpan kelebihan untuk generasi berikutnya.

Hemat merupakan salah satu cerminan orang zuhud yang hanya mengambil sesuatu sesuai dengan haknya dan keperluannya. Penerapan pola hidup hemat saat ini sangat penting karena tidak hanya menjamin hidup efisien tetapi juga mampu menjamin kehidupan anak cucu kita.

Hemat mempunya dimensi religius sebagai pendekatan diri kepada Allah SWT karena sikap hemat merupakan perintah Allah.”Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah

1 comments:

start a new life on August 26, 2009 at 9:01 AM said...

memang kata hemat cenderung mengarah ke kebiasaan ngirit sih... hehehe.Memang benar, apa apa yg berlebihan juga gak bagus di hidup ini, nice article. :)

Post a Comment

CV. SOUVENIR ONLINE

CV.SOUVENIR ONLINE JL. PISANGAN BARU UTARA NO.30 RT.08 RW.12 MATRAMAN JAKARTA TIMUR TELP : 021 329 26 952 HP : 0813 8595 4508, 0815 344 867 45,0821 1010 9437 EMAIL : onlinesouvenir@yahoo.co.id atau : usbpromosi@gmail.com www.souvenir-online.com Order Now
 

Text

Hikmah Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template