Friday, February 29, 2008

Memerhatikan Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot

Jika melintas di jalan raya, sulit rasanya untuk dapat menghirup udara dengan leluasa. Pasalnya, selain karena jumlah kendaraan yang terus meningkat dewasa ini, juga akibat banyaknya kendaraan yang mengeluarkan gas buang terlalu pekat dan beracun bagi saluran pernapasan. Betapa tidak, di dalam gas buang terdapat kandungan timbal yang tinggi dan dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Terlebih untuk kendaraan transportasi umum, yang seenaknya mengebulkan asap hitamnya meski telah ada regulasi khusus mengenai hal tersebut, seperti halnya peraturan daerah jakarta yang mengharuskan kendaraan bermotor di wilayah jakarta lolos uji emisi terlebih untuk memperpanjang STNK dan BPKB.

Ironisnya, tidak sedikit kendaran pribadi yang memiliki masalah serupa, yang menandakan kendaraan tidak dirawat dengan baik dan benar. Salah satu cara untuk menilik adanya masalah pada saluran pembuangan kendaraan adalah lewat warna asap yang di keluarkan lewat knalpot.

Asap berwarna hitam yang pekat menandakan terjadinya sistem pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini antara lain di sebabkan karena campuran bensin dalam karburator terlalu kaya sehingga tidak terbakar secara sempurna, untuk menanggulangi, campuran bensin dan udara harus dibuat seimbang agar gas buang normal kembali atau tidak berwarna. Disamping itu, bersihkanlah komponen-komponen yang berperan dalam sistem pembakaran, seperti filter udara.

Ada kalanya pula asap pembuangan berwarna putih yang pada umumnya di sebabkan adanya kebocoran di bagian ring seher atau terdapat oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Bisa jadi asap putih tersebut hanya terjadi di pagi hari atau saat kendaraan dinyalakan pertama kali. Artinya, kerusakan terjadi akibat seal klep silinder yang mulai getas, atau sitting klep dan bushing klep yang haus.

Apabila asap putih terus keluar terus menerus dan tidak segera di tanggulangi, maka tenaga mobil akan jauh berkurang akibat piston yang haus, atau pun ruang bakar yang penuh kerak karena oli yang dibakar akan meninggalkan sisa kerak. Dalam waktu lama, bukan tidak mungkin jika pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan mesin yang lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang besar.

Agar kondisi seperti ini tidak terjadi pemeriksaan dan perawatan mesin kendaraan secara berkala sangat dibutuhkan. Terutama pula untuk selalu menjaga kebersihannya, sehingga seluruh komponen dalam ruang pembakaran dapat berjalan sempurna.

0 comments:

Post a Comment

CV. SOUVENIR ONLINE

CV.SOUVENIR ONLINE JL. PISANGAN BARU UTARA NO.30 RT.08 RW.12 MATRAMAN JAKARTA TIMUR TELP : 021 329 26 952 HP : 0813 8595 4508, 0815 344 867 45,0821 1010 9437 EMAIL : onlinesouvenir@yahoo.co.id atau : usbpromosi@gmail.com www.souvenir-online.com Order Now
 

Text

Hikmah Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template